Http://kawasanhandphone.blogspot.co.id
Cara Mudah Backup Data Anda di Android
Kawasan Handphone - Penggunaan smartphone saat ini bukan sebatas alat komunikasi semata, smartphone saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai penyimpan data dan juga sebagai pengganti kamera. Di ponsel saat ini kita sudah terbiasa menyimpan data kontak penting, foto serta file dokumen penting lainnya. Tapi, pernah kah Anda merasakan kesal lantaran data di smartphone Android tiba-tiba hilang,mungkin dikarenakan ponsel anda rusak atau hal lainnya? Misal saat selepas kita menginstal aplikasi atau pun saat smartphone kita sedang dibuat mainan oleh buah hati kita. Pastinya kita tak ingin itu terjadi lagi.

Untuk itu kita harus melakukan back-up data-data penting di smartphone Android kita, agar data tidak hilang. Bahkan dengan backup data kita bisa menata kapasitas data yang ada pada smartphone Android, supaya tidak menganggu kinerja smartphone, yang membuat lambat karena terlalu banyak data. Alhasil dengan backup data performa serta data-data penting dalam smartphone Android tetap terjaga dengan baik.

Kita bisa melakukan back-up data secara berkala. backup data untuk pengguna smartphone Android dapat dilakukan dengan cara menyimpan data-data penting diponsel anda pada sistem cloud di Google Drive. Smartphone saat ini banyak yang sudah dilengkapi dengan menu Google Drive,akan tetapi masih saja banyak orang yang tidak mengetahui kegunaan dari Google Drive tersebut. Sebelum kita memulai cara Backup data silahkan download aplijasi Google Drive di Playstore Android (Jika ponsel anda belum memiliki Aplikasi Google Drive ).
 Caranya untuk BackUp data sebagai berikut:
1. Langkah Pertama ,Aktifkan akun Google yang dimiliki agar data tersinkronisasi dengan baik.


2. Buka Setting > Personal > Backup & reset > klik/tap Backup Data My Data dan Automatic Restore.




3. Untuk backup data People List (buku telepon) ke account Google, klik Settings > Google > sync dengan account Google yang aktif digunakan. Lalu klik Sync now.


Lewat backup data otomatis pada smartphone Android milik Anda, nantinya jika smartphone mati dan harus mengaksesnya melalui laptop atau komputer, atau jika sewaktu-waktu anda ingin mengganti ponsel baru semua data seperti kontak telepon,foto dan lainnya bisa di pindahkan ke ponsel baru anda. Anda juga tetap bisa dengan mudah mengakses data tersebut langsung ke cloud akun Google Drive milik Anda.

Selain dengan cara otomatis, backup data juga dapat dilakukan anda lakukan sendiri secara manual. Hanya mungkin cara manual akan membutuhkan waktu lebih lama dan sedikit ribet. Caranya dengan melakukan transfer data menggunakan koneksi kabel data ke laptop atau komputer. Jadi saat terkoneksi smartphone Android Anda akan dijadikan hard drive eksternal. Pindahkan data-data dari ponsel Android Anda ke PC, HDD eksternal atau tempat penyimpanan lainnya. Sekian Informasi yang bisa Kawasan Handphone bagikan , semoga bisa bermamfaat.

Sumber : serba gadget
 
Top