Apa itu sinyal GPRS , EDGE , 3G , HSUPA , HSDPA dan 4G
Kawasan Handphone - Kali ini kawasan handphone akan membahas sedikit mengenai jenis sinyal atau jaringan internet yang biasa kita gunakan pada handphone atau komputer untuk menjelajah dunia internet. Penggunaan internet saat ini sudah merupakan satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam segala aspek kehidupan pada zaman sekarang ini keberadaan internet makin banyak digunakan disegala bidang. Bicara soal internet tentu kita harus tau tentang beberapa jenis sinyal atau jaringan internet yang ada di negara kita saat ini.


Apa sih jaringan internet ?
Jaringan internet merupakan suatu sistem jaringan yang berkaitan dengan lingkup global yang memfasilitasi komunikasi layanan data seperti pengiriman atau pentransferan file , surat elektronik , World , Wide , Web dan lainnya. Saat ini sudah hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan layanan sinyal internet. Saat ini sinyal internet yang kita gunakan diantaranya sebagai berikut:

1. GPRS
Apa itu GPRS ?
GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service.
GPRS merupakan sistem transmisi dengan basis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip tunneling . GPRS sering juga kita sebut dengan jaringan 2 G. Fasilitas yang bisa dilakukan GPRS diantaranya pengiriman email , gambar dan juga browsing. Untuk kecepatan akses sinyal GPRS biasanya berkisar antara 56 kbps sampai dengan 115 kbps.

2. EDGE
EDGE merupakan singkatan dari Enhanced Data for Global Evolution . EDGE dengan kata lainnya biasa kita sebut dengan 2.5 G. Fasilitas yang disediakan oleh EDGE ini tetap sama dengan jaringan GPRS  hanya perbedaannya terletak pada kecepatan aksesnya. Kecepatan aksesnya bisa 3 kali melebihi kecepatan GPRS. Rata-rata kecepatannya berkisar 384 kbps.

3. 3G/UMTS
Sinyal 3G itu sama dengan UMTS singkatan dari Universal Mobile Telecommunication Service . Untuk 3G/UMTS sudah ada beberapa tambahan kemampuan yang bisa kita lakukan,selain untuk mengirim email , kirim file , browsing dijaringan UMTS ini sudah bisa melakukan fasilitas Video Streaming , Video Conference , dan juga Video Calling . Video Calling ini hanya bisa dilakukan jika perangkat memadai yaitu memiliki kamera yang menghadap ke arah kita. Kecepatan akses rata-rata yang ditawarkan untuk UMTS adalah 480 kbps

4.HSUPA
HSUPA merupakan singkatan dari High Speed Uplink Packet Access . sesuai dengan singkatannya jaringan ini menawarkan kecepatan access saat mengupload data dari komputer atau laptop selama penggunanya terhubung ke jaringan internet. contohnya misalnya mengupload foto ,video dan file lainnya ke facebook , blog ataupun jejaring sosial lainnya.

5. HSDPA
HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access adalah satu jaringan yang lebih khusus diperuntukkan bagi handphone yang biasa lebih populer dengan nama 3.5G. Teknologi ini menyediakan kemampuan untuk download yang lebih cepat dan merupakan sambungan dari Asymmetric digital Subcriber atau ADSL. ADSL ini biasa digunakan pada sambungan layanan internet diperumahan dan mencegah melambatnya jaringan koneksi pada perangkat handphone. Saat pertama keluar HSDPA memiliki kecepatan 4.1 Mbps dan selanjutnya keluar lagi tahap kedua . Pada tahap kedua kecepatan oleh para provider penyedia internet kecepatannya ditambah lagi menjadi 11 Mbps sampai dengan 14 Mbps. Setelah HSDPA akan ada lagi jaringan terbaru yang kita sebut dengan 4G , untuk 4G memang saat ini lagi ngetrend. ayo mari kita lihat apa saja yang biasa dilakukan jaringan 4G.

6. 4G / LTE
LTE adalah Long Term Evolution .Teknologi LTE secara otomatis menawarkan kecepatan download hingga mencapai 300 Mbps dan uplink hingga 75 Mbps . LTE menggunakan Orthogonal Frequency Multiplexing (OFDM) yang dapat mentransmisikan data melalui banyak operator spektrum radio yang masing masing sebesar 180 KHz. OFDM melakukan transmisi dengan cara membagi aliran data menjadi banyak aliran yang lebih banyak sebelumnya dan kemudian mentransmisikan secara serentak. Dengan menggunakan OFDM maka akan memperkecil terjadinya efek multi path.
Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu jenis jaringan internet yang kawasan handphone sebutkan diatas.
 
Top